Sejarah Aeropress - Alat Seduh Kopi Metode Tekan

Aeropress mulai muncul pada saat era gelombang kopi ketiga. Alan Adler, Insinyur Listrik, ahli Fisika, dosen tehnik mesin Standford dan juga sebagai direktur perusahaan Aerobie, perusahaan yang bergerak di bidang mainan untuk olahraga tertantang untuk membuat alat penyeduh kopi yang lebih baik.

Aeropress
Aeropress


Alan Adler, pemegang lebih dari 40 paten dari berbagai bidang, diantaranya instrumen pesawat militer, reaktor nuklir di kapal selam, lensa teleskop parabolaid, instrumentasi musik seruling, serta berbagai produk mainan Aerobie.


Setia pada proses, untuk menjadikan Aeropress seperti yang kita pakai pada saat ini, membutuhkan waktu hingga dua dekade (1984 hingga 2004), dengan total 35 buat prototype. 


Diperkenalkan pertama kali di konvensi asosiasi kopi spesial Amerika (American special coffee asociation convention) pada tahun 2005 masih banyak menerima cibiran, karena metode yang tidak umum dan rasa belum seperti hasil buatan mesin kopi. 


Tak patah arang, Alan Adler menantang para juri yang hadir di konvensi tahunan tersebut untuk melakukan blind test demi mendapatkan obyektifitas para juri, setengah dari juri yang hadir, menjatuhkan pilihan paling nikmat dari seduhan alat ciptaannya.


Salam Kopi #kopiluo